Minggu, Oktober 28, 2012

GOLOK CIOMAS ( MAGNIFICENT WEAPON )

Golok Raksasa Ciomas " Nyi Gede", Kebanggan masyarakat Ciomas (Di depan pendopo gubernur Banten)
 Golok Ciomas adalah Senjata khas dari Ciomas – Banten ( nama Desa di kabupaten Serang Banten ) yang sudah sangat terkenal karena memiliki keseimbangan bentuk, ketajaman & mistis yang terkandung didalamnya dan hanya dibuat pada bulan Maulud yakni bulan kelahiran nabi Muhammad SAW.
Proses pembuatan golok Ciomas melalui tahapan yang sangat khusus melalui proses spiritual dan menggunakan godam/palu untuk menempa inti besi yang disebut ki Denok. Godam ini diyakini sebagai warisan dari ki cenguk yang merupakan leluhur dari banten yang pertama kali membuat Golok Ciomas.
Golok ciomas bukan Golok sembarangan karena  sangat magis dan memiliki racun yang sangat mematikan.
Pada masa lalu Golok Ciomas digunakan oleh para pejuang Banten sebagai senjata untuk mengusir penjajah dari bumi Banten.
Dibalik keistimewaan Golok Ciomas, bagi siapapun pemilik Golok Ciomas agar tidak menggunakan secara sembarangan apalagi menjadi sombong ataupun digunakan untuk hal yang negatif, karena hal itu sangat bertentangan dengan filosofi yang terkandung di dalam nama "Golok Ciomas".
Konon, berdasarkan pengalaman jika seseorang yang memiliki golok ciomas sedang menghadapi masalah sampai ingin berkelahi membawa Golok tersebut, suasana permusuhan akan berubah menjadi damai, karena Golok Ciomas memberikan aura perdamaian bagi banyak orang dan bisa membawa kedamaian bagi si pemiliknya.
Jenis Golok Ciomas antara lain : Candung, Mamancungan, Kembang nacang, Salam nunggal, Malapah gedang dan Bedul mungkuk.
Selain itu, Banten juga memiliki Golok Ciomas terbesar di dunia dengan berat lebih kurang 2.000 kg dan panjang 8 meter.(Masuk Rekor MURI)
Golok tersebut diberi nama golok “Nyi Gede” yang berasal dari nama sebutan untuk Ibunda Kanjeng Sultan Maulanan Hasanudin.
Golok Ciomas terbesar di dunia menjadi kebanggan masyarakat Banten khususnya Ciomas yang diharapkan menjadi simbol yang dapat mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan pada para pemilik Golok Ciomas yang berada di banten ataupun luar banten.
Golok Ciomas merupakan maha karya yang menjadi warisan budaya Banten yang melegenda dan patut dilestarikan oleh generasi muda banten sebagai Pusaka bernilai seni tinggi dan sarat akan nilai sejarah banten dimasa lalu.

Masuk Rekor MURI
   
Dari arah serang ke pandeglang, perempatan "Pal Lima
Sebelum perempatan Pal Lima ada penunjuk arah, ke kanan menuju Ciomas. Jika lurus menuju kota pandeglang ( untuk Menuju Ciomas, dari Arah Jakarta : Via Tol Jakarta merak, Exit Pintu Tol Serang Timur - Menuju Kota Serang - Ambil arah ke pandeglang - Perempatan Pal LIma Belok Kanan - Ciomas )
Pasar Ciomas ( kira2 lima belas menit lagi akan sampai di rumah tempat Golok raksasa ciomas )
Salah satu jalan yang dilewati menuju desa Ciomas, Sebagian besar sudah bagus, tetapi masih ada yang agak rusak dan dalam tahap perbaikan/pembetonan ( Kurang Lebih 1 jam perjalanan dari Kota Serang menuju Desa Ciomas )
Saung tempat Golok "Nyi Gede" Disimpan. Di Jaga dan di rawat oleh Kyai Muhaemin Sholeh
Rumah "Nyi Gede" Tampak Samping
"Nyi Gede" yang akan bersiap Road Show keliling Banten ( Dalam Rangka HUT Kota2 Di Banten)


Tag di Bilah Golok, Hasil kerjasama beberapa Pihak dalam proses pembuatan Golok demi kemajuan masyarakat Banten
Golok akan ditarik menggunakan kendaraan untuk dipertunjukan pada Event2 tertentu























Tidak ada komentar:

Posting Komentar